back

Agensi periklanan merupakan salah satu pihak yang sering dituju oleh orang-orang yang hendak mengiklankan usahanya. Ya, sesuai dengan namanya tersebut, agensi periklanan ini mempunyai peran dalam hal mempromosikan suatu produk dari kliennya. Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai agensi periklanan, mari simak ulasan berikut ini.

Pengertian Agensi Periklanan

Agensi periklanan atau yang biasa disebut juga dengan advertising agency ialah lembaga usaha yang bergeraknya dalam bidang jasa periklanan. Dalam kesehariannya, lembaga usaha ini akan membantu siapa saja yang memerlukan jasa periklanan baik itu perorangan, perusahaan dan bahkan pemerintah juga.

Perusahaan ini akan membuat iklan sesuai dengan perintah dan persetujuan dari klien. Adapun lingkup pelayanannya sendiri mencakup 3 bidang sekaligus yakni pelayanan kreatif, pelayanan perencanaan dan pemesanan media serta konsultasi komunikasi pemasaran.

 

Tugas Agensi Periklanan

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa tugas agensi periklanan ialah membantu mengiklankan atau mempromosikan sesuatu. Namun bukan hanya itu saja, agensi periklanan juga merangkap sebagai pemberi nasehat dalam hal promosi, sosialisasi dan peningkatan penjualan.

Ada pula agensi periklanan yang sekaligus menyediakan properti terutama properti yang diperlukan dalam pameran dan lain-lain. Dan dalam melaksanakan tugasnya tersebut, advertising agency ini terkadang bekerjasama dengan pihak surat kabar.

Lingkup Kerja Agensi Periklanan

Adapun lingkup kerja agensi periklanan ini ialah membuat iklan dengan berdasarkan pada informasi yang telah dikumpulkan mengenai suatu produk atau jasa. Kemudian melakukan penelitian kecil mengenai perusahaan, produk serta reaksi dari pelanggan.

Lebih lanjut lagi, agensi periklanan juga akan melakukan perencanaan mengenai jenis media yang nantinya akan dipakai, dimana media tersebut akan dipasang, kapan media akan dipasang dan berapa lama waktu yang digunakan. Selain itu, agensi periklanan juga akan mengambil masukan baik dari klien maupun dari pelanggan untuk kemudian dilakukan tindak lanjut mengenai masukan tersebut.

Jenis-Jenis Agensi Periklanan

Agensi periklanan ini terdiri atas 5 jenis, yakni agensi periklanan dengan layanan penuh, agensi interaktif, butik kreatif, media pembelian agen serta agen in-house. Adapun agensi periklanan dengan layanan penuh akan memberikan penawaran yang meliputi semua tahap iklan mulai dari mengumpulkan data, menganalisisnya sampai dengan pembayaran tagihan pada pihak media.

Sedangkan agensi interaktif ialah agensi periklanan yang dalam pekerjaannya menggunakan mode komunikasi modern, melakukan iklan online dan iklan yang dihasilkannya sangat inovatif dengan konsep-konsep baru. Untuk butik kreatif itu sendiri sebenarnya juga menghasilkan iklan yang inovatif dan kreatif, hanya saja agensi ini ukurannya kecil dengan direksi, copywriter dan kreatif sendiri.

Untuk media pembelian agen, ini berperan penting dalam hal membeli tempat pengiklanan yang kemudian akan dijual pada pengiklan, menjadwalkan slot di televisi dan stasiun radio, menjual waktu iklan hendak ditempatkan serta mengawasi penayangan iklan.

Yang terakhir ialah agen in house, agensi jenis ini merupakan agensi periklanan yang sama bagusnya dengan agensi layanan penuh, namun agen in house ini akan bekerja dengan mengikuti peraturan organisasi.